Saturday, 30 June 2018

Outer Dark, Cormac McCarthy

Dunia digambarkan begitu gelap dalam kisah McCarthy. Kisah cinta sedarah, tragedi kematian, dan mengenyahkan anak kandungnya membuat Outer Dark adalah lapisan terluar dari sisi gelap hidup ini, yang tanpa ataupun disadari, kelak  tak akan bisa dipisahkan satu sama lain. Kali ini satu akan Cormac McCarthy mengisahkannya tanpa basa-basi.


Banyak hal-hal menarik dalam cerita ini. Kau tak akan menemukan tanda baca dalam percakapan sepanjang kisah seperti halnya percakapan dalam sebuah novel kebanyakan. Terus terang saja itu membingungkan saya pada awalnya. Kemudian hal itu bisa dipahami setelah melihat pesan yang ingin disampaikan dalam buku ini.

 Hubungan terlarang antara  saudara laki-laki dan saudara perempuannya berujung pada kehamilan sang perempuan dan upaya membuang buah cinta mereka itu. Naasnya kemudian anak itu ditemukan seseorang yang dinamakan "Tukang Patri" dalam kisah ini.   "Si Tukang Patri", diperkenalkan dengan amat jelas dalam cerita ini.

 Sang protagonis, Culla, kemudian berupaya menghapus dosanya dengan merantau keluar bekerja serabutan demi mengikis perasaan bersalah dari kejahatan yang telah ia lakukan. Sialnya rencana jahanam itu ternyata tak lebih dari bualan yang diketahui oleh kekasihnya sendiri. Bahwasanya sang anak itu masih ada dan belum juga mati.

Keunikan Mc Carthy dalam kisahnya ini adalah bagaimana ia merancang alur cerita.Teknik bercerita maju-mundur, kerap kali menimbulkan pertanyaan demi pertanyaan. Detail-detail yang ia paparkan silih berganti menghantam pikiran. Di dunia ini tak ada yang aneh dengan peristiwa-peristiwa yang ia ceritakan. Semua jelas terpapar di kehidupan ini, dan tak ada satupun yang bisa mengelak dari kenyataan itu.

D S

No comments:

Post a Comment