Saturday, 12 May 2018

El Tunnel

(Diterjemahkan dari novel El Tunnel )

Judul: Terowongan
Oleh : Ernesto Sabato

(“Bagaimanapun juga, hanya ada satu-satunya terowongan, terisolasi dan gelap, diriku sendiri”)


I

Ini bisa dibilang jika aku Juan Pablo Castle, pelukis yang telah membunuh Maria Iribarne; Aku kira jika orang-orang akan ingat apa yang telah kuperbuat, dan mereka tak perlu penjelasan lain dari kepribadianku.


Sekalipun  setan tidak tahu apa yang orang-orang ingat, atau mengapa mereka melakukannya. Pada kenyataan, aku selalu saja berpikir tidak ada kumpulan kenangan, yang  mungkin sejenis penahan untuk spesies manusia. Sebuah ekspresi, "segala masa lampau lebih baik," tidak menunjukan jika sebelum beberapa hal buruk terjadi, untungnya, orang- orang cenderung untuk melupakannya. Tentunya, sebuah ekspresi seperti ini tidak selalu betul ; Aku, contohnya, adalah jenis pribadi yang cenderung mengingat hal-hal buruk, maka dari itu, akan hampir bisa dikatakan jika "segala masa lampau lebih buruk," seandainya ini bukan untukku semua masa kini terlihat lebih mengerikan dari masa lalu. Aku ingat amat banyak petaka, amat banyak wajah sinis, dan begitu banyak hal buruk yang bagiku, kenangan seperti cahaya menakutkan yang menyinari musium kotor yang memalukan. Berapa kali sudah aku dikecewakan berjam-jam, setelah membaca sebuah artikel di berita polisi! Tetapi kenyataan adalah bagian paling memalukan dari peradaban manusia yang tidak selalu muncul ada;  dalam beberapa upaya kriminal adalah orang-orang paling jujur dan kurang ofensif. Dan aku tidak bilang ini karena aku seorang pribadi yang baru saja membunuh seseorang; Ini jujur dan kejujuran yang mendalam. Jadi seseorang itu jahat? Baiklah, habisi mereka, dan ini adalah akhir darinya.  Ini apa yang kusebut sebuah perbuatan baik.  Baru saja berpikir betapa buruknya ini  jika  berada pada masyarakat, seandainya  individu meneruskan menyebarkan racunnya dan daripada menyingkirkannya, kita akan mencoba menghalangi aksinya dengan menyembunyikannya, mengamatinya,  atau tindakan-tindakan keji sejenis lainnya.  Sejauh kupeduli, harus kuakui jika sekarang aku menyesal  tidak mengambil keuntungan dari kesempatan melakukannya dari kelaparan dan kemudian mereka memaksanya memakan seekor tikus. Sejauh ini masih hidup. Tetapi itu bukan apa yang ingin aku katakan. Jika ada sebuah kesempatan, aku ingin mengatakan sesuatu kemudian ketimbang perkara tikus.


II
Seperti yang kukatakan, namaku Juan Pablo Castle. Seseorang mungkin berpikir jika itu membuatku ingin memberitahu kisah cerita kejahatanku  (Aku tak tahu apa aku akan membicarakan kejahatanku) dan mencoba mempublikasikannya. Aku tahu jika jiwa manusia cukup baik  untuk sebagian akan bisa memperkirakan itu sia-sia. Mereka  dapat berpikir  apa yang mereka inginkan : Aku tak peduli : untuk sekian lama sekarang waktunya keadilan, atau apa yang orang-orang piker, persoalan kecil untukku. Biarkan mereka membayangkan aku akan mengeluarkan cerita ini daripada sia-sia. Dalam analisa akhir, Aku adalah pribadi dari daging dan darah, rambut, dan kuku, seperti yang lain juga, dan aku akan merasa jika ini benar-benar salah untuk mereka untuk mengiraku, khususnya aku, memiliki keunggulan istimewa. Seorang manusia terkadang merasa dia sejenis superman, hingga dia menyadari jika ia jahat, kotor dan berbahaya. Dan aku tidak sedang membicarakan omong kosong : Aku tak berpikir jika ada satupun tanpa mesin kemajuan manusia yang terkenal ini. Ini membuatku tertawa mendengar orang-orang bicara tentang kesantunan Einstein, atau orang-orang semacam itu. Alasannya: Ini mudah menjadi santun ketika kamu adalah seorang selebriti. Maksudku, tampak santun. Sekalipun ketika seseorang berpikir jika ini tidak eksis sama sekali, seseorang dengan cepat  menemukan yang bentuk yang paling halus : Kesopanan yang sia-sia.

(Bersambung)
Nb: Diperbarui secara berkala



No comments:

Post a Comment