Sunday, 4 March 2018

Ubik, Philip K Dick

Apa jadinya jika bumi dikuasai bulan ? Bagaimana jadinya jika kekuatan "psychic" menjadi sebuah kemampuan biasa yang dikuasai manusia? Ubik merupakan sebuah kisah dimana hal-hal tak biasa tersebut telah menguasia seluruh bumi. Tokoh antagonis, Joe Chip,  yang bekerja pada sebuah agensi "anti-psis" berupaya menghentikan kekuatan telepati yang sedang menginvasi kehidupan privasi masyarakat.

Kelak siapapun bisa menggunakan kemampuan telepati untuk membaca pikiran orang lain. Oh iya kemampuan precogs juga akan menjadi hal lumrah dikuasai untuk membaca sesuatu yang akan terjadi di masa mendatang. Ditambah lagi di setiap awal bab, akan ada semacam iklan produk-produk dengan unsur-unsur Ubik . Siapapun pasti bertanya-tanya apa sebenarnya "Ubik" itu.

Kisah ini pada akhirnya bukan hanya sekedar omong kosong sains fiksi dari Philip K Dick. Ubik terlihat seperti sebuah partikel penting tak berwujud dalam sebuah kehidupan. Apakah partikel ini penting? Bisa dibilang demikian. Tapi rasanya siapapun juga masih bisa hidup walau tanpanya, karena seperti yang disebutkan sendiri oleh sang narator, jika "Semua  ini baru permulaan."

D S

No comments:

Post a Comment