Thursday, 4 May 2017

Shame,Salman Rushdie

          Shame adalah  kisah tentang seorang tokoh utama bernama Omar Khayyam Shakil. Ia dibesarkan oleh tiga perempuan yakni Chunne, Munnee, Bunny Shakil. Omar pun tumbuh tidak seperti anak-anak pada umumnya karena ia tak tahu siapa ibu kandungnya dan hanya mengetahui dirinya dibesarkan oleh ketiga wanita tersebut. Cerita semakin menarik tatkala Salman mengambil latar sebuah kota imajinatif bernama Q. yang sebenarnya merupakan interpretasi kota Quetta di Pakistan, sebagaimana hal itu diakui sang penulis di tengah cerita.
        
        Kemudian seiring cerita berjalan, munculah sosok Iskander Harappa dan General Gaza Hyder. Yang pertama seorang politisi "playboy" . Lalu yang kedua adalah anggota militer yang baru dipromosikan pangkatnya. Namun kemudian secara ironis tersangkut kasus pembunuhan. Pembunuhan yang memakan korban "anak kedua" dari Chunne, Munnee, Bunny Shakil yakni Babal Sakil.

          Dalam buku ini, Salman memetakan kondisi politik Pakistan dengan cerdas dan menghibur. Tak jarang ia memunculkan humor-humor sarkasnya, namun tak lepas ada juga tragedi yang membuat kita tak habis pikir bagaimana hal itu bisa sampai terjadi. Hingga pada akhirnya kisah ini terasa seakan-akan tak ubahnya sebuah sindiran akan hal-hal memalukan yang sering terjadi dalam kehidupan kita secara sadar atau pun tak sengaja. Yang jelas dalam buku ini, Salman mengajarkan kita untuk tetap tahu malu.

Dwinda.A.S
06-05-2017

No comments:

Post a Comment