Monday, 9 January 2017

Fatal Egg, Mikhail Bulgakov

Semua berawal dari ketidaksengajaan. Andai Profesor Vladimir Ipatevich Persikov tidak sengaja menemukan keganjilan saat mengamati objek penelitiannya, dan meneruskannya. Seluruh kota Moskow tak akan dibuat gempar kemudian dibuatnya. Persikov yang berprofesi sebagai ahli kehewanan sedang berupaya keras membangkitkan kejayaan institusi tempatnya  bekerja. Institut kehewanan dimana ia bekerja saat itu yang sedang meredup.

Latar tempat digambarkan di kota Moskow pada tahun 1928. Kondisi politik Uni Soviet kala itu sedang dilanda perang saurdara dan hasil penemuan itu membuat Profesor Persikov kian tenar di ibukota. Intel pun berdatangan akibat penemuan gilanya. Namun semua obsesi gila sang profesor hanya kian menciptakan masalah demi masalah.

Karya ini terasa amat satir bila dibayangkan dengan kondisi Uni Soviet di masa itu. Berlatarkan kondisi perang saudara,  tentara merah, agen polisi rahasia sesekali muncul di dalam cerita kian membuat buku Science Fiction  ini menjadi kian menarik dan unik.  Bulgakov kembali menggambarkan sesuatu yang satir dalam spektrum yang tak biasa dan sepertinya justru hal itu yang membuat karyanya terasa adiktif.

Dwinda Seto
10-1-2017

No comments:

Post a Comment